headerphoto

Permasalahan Data Guru Data PTK Dapodik Kemendiknas

Rabu, 10 April 2013 16:12:04 - oleh : admin


Dapodik Kemendiknas

Kemendiknas mulai 2013 ini merekrut Data Pokok Dapodik dengan SISTEM ONLINE melalui DIREKTORAT P2TK DIKDAS (Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Dengan sistem online ini diharapkan data seluruh sekolah dapat tersimpan secara akurat dan valid.

Mekanisme pendataan sistem online ini, yang paling ujung adanya setiap sekolah diberikan KODE REGRISTRASI agar bisa masuk ke server DIREKTORAT P2TK DIKDAS, guna mengirim / upload data yang meliputi Data Sekolah, Data Peserta Didik, Data Guru/PTK.


Sistem online DAPODIK ini berdampak pada :

1.    Penyaluran Dana BOS ke sekolah,

2.    Pemberian Beasiswa kepada siswa berprestasi atau siswa kurang mampu

3.    Kenaikan pangkat Guru / PTK

4.    Tunjangan Profesi / Tunjangan sertifikasi Guru

5.    Dll masih banyak lagi

Namun saat dilaksanakan kebijakan tersebut terdapat beberapa permasalahan diantaranya sebagai berikut:

1.  Situs/server  P2TK DIKDAS,  ( KLIK DI SINI ) tempat pengecekan Data Guru/PTK perorangan tak dapat atau sulit diakses.

2.   Situs/server P2TK DIKDAS, (KLIK DI SINI   ) tempat pengecekan Data sekolah belum pernah di update, Contoh ada sauatu sekolah yang dinyatakan  Tidak ada perubahan padahal data sekolah tersebut sudah valid semua.


Sebenarnya hal di atas bukan permasalahan yang serius, Masalah ini akan segera teratasi karena hingga saat ini Kemendiknas terus berupaya memperbaiki dan menyempurnakan server P2TK Dikdas tersebut.


Solusi Terhadap Permasalahan

Setelah Operator Sekolah berhasil menginput semua data (Data Sekolah, Data Peserta Didik dan Data Guru/PTK) pada Aplikasi Pendataan Pendidikan Ditjen Dikdas, lalu save/Simpan Perubahan, lalu pada halaman Informasi (sebelah kanan) Klik Kirim ke Server.  Setelah itu cek/klik link di bawah ini


Jika berhasil diterima kita tinggal tunggu 2 - 7 hari

Sumber : http://harunarcom.blogspot.com

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Dapodik" Lainnya