DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ACEH SELATAN
Rubrik : Sekolah
Dinas Pendidikan Mutasikan Kepala Sekolah dan Guru
2012-08-14 23:35:05 - by : admin

Akhir puasa tahun ini, tepatnya tanggal 14 Agustus 2012, Dinas Pendidikan Aceh Selatan memutasikan terhadap kepala TK,SD, SMP, SMA/SMK, pengawas sekolah, dan kepala UPTD pendidikan, dan guru sekolah yang berjumlah 317 orang, 42 kepala sekolah semua tingkatan diantaranya, kembali berstatus guru biasa. Mutasi terhadap kepala sekolah, guru dan pengawas ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dalam masa pimpinan Kepala Dinas Pendidikan saat ini yang juga sebagai ketua PGRI Aceh Selatan.

Mutasi tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Aceh Selatan nomor 821.29/03/2012 tertanggal 27 Juli 2012 dan 821.29/04/2012 tertanggal 27 Juli 2012 tentang pengangkatan/pemberhentian kepala sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan Aceh Selatan dan acaranya berlangsung di aula dinas pendidikan.

Bupati Aceh Selatan dalam kata sambutannya  yang dibacakan Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan H. Karman menjelaskan, mutasi merupakan peristiwa biasa dan hal yang wajar dalam sebuah organisasi  besar khususnya di Dinas Pendidikan. “Karenanya, mutasi janganlah dijadikan sebuah polemik, karena jabatan merupakan sebuah kepercayaan yang diamanahkan kepada seseorang untuk dilaksanakan sebaik-baiknya dan harus disyukuri,” katanya.

Tetapi perlu diingat sambungnya, kepercayaan itu mempunyai konsekwensi berat, sebab harus bisa dijalankan. Selain itu kata dia, prosesi pelantikan pejabat seperti ini jangan hanya dilihat sekedar mutasi dan alih tugas saja, namun lebih dari itu mutasi merupakan cerminan kecakapan dan kemampuan dari pejabat yang dilantik.

Sementara itu  diruang kerjanya kadis pendidikan H. Karman, minta kepada yang dilantik menjadi kepala sekolah, pengawas maupun Kepala UPTD pendidikan maupun para staf administrasi sekolah agar bisa meningkatkan kwalitas anak didik dan menegakkan disiplin yang dimulai dari diri sendiri.

“Mutasi merupakan hal yang alami , cepat atau lambat dalam struktur organisasi pasti terjadi mutasi dan promosi, karena hal itu merupakan sebuah kebutuhan. Sedangkan pengisian jabatan itu karena beberapa hal seperti purna tugas, usia lanjut, meninggal dunia, dan lain-lain.

Kepala Dinas berharap kepada pejabat yang menduduki jabatan baru dapat menjalankan amanah disertai rasa tanggung jawab untuk menjalankan tugas ditempat yang baru dan tidak menjadikan murid sebagai musuh melainkan sebagai anak sendiri. Selain itu sebagai guru hendaknya bisa mentrasfer ilmu kepada murid setiap harinya.

Terkait adanya pengembalian tugas dari kepala menjadi guru biasa, H. Karman menerangkan yang bersangkutan kurang kedisipilinan serta profesinalitas sebagai kepala dalam menjalankan tugas, “ hal itu berdasarkan laporan masyarakat dan temuan kepala dinas, serta hasil dari tim penilai kinerja kepala sekolah dan guru”, jawabnya.


Untuk tidak menutupi segala informasi ke Publik, dalam web ini kami juga telah mencatumkan  SK Bupas yang telah disebutkan di atas, anda dapat mengambilnya atau mendownloadnya.

DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ACEH SELATAN : http://disdik.acehselatankab.go.id
Versi Online : http://disdik.acehselatankab.go.id/?pilih=news&aksi=lihat&id=230